Dirjen Bea Cukai akan lakukan pertukaran data elektronik melalui internet tahun depan

17 December 2018

Kontan, Senin, 17 Desember 2018 / 22:09 WIB

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan mengimplementasikan program pertukaran data elektronik via internet (PDE Internet) secara penuh di seluruh Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai mulai 1 Januari 2019.

“Pertimbangannya adalah adanya akses yang sudah bagus, teknologi internet yang semakin maju. Lokasi juga bisa digunakan secara lebih luas. Kantor bea cukai juga sudah terhubung dengan internet, seehingga per 1 januari sudah siap menjalankan keputusan ini,” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, Senin (17/12).

Heru mengungkap, sistem PDE internet oleh Bea dan Cukai telah dilaksanakan sejak 2016. Pada tahap awal, sistem yang mampu memfasilitasi pertukaran data antara pengguna jasa kepabeanan dengan Direktorat Bea dan Cukai di seluruh Indonesia, telah diimplementasikan secara bertahap di 70 kantor pengawasan dan pelayanan untuk memproses dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

PDE internet juga diimplementasikan di 83 kantor pengawasan dan pelayanan untuk emproses dokumen manifest baik inward maupun outward. Penerapan PDE intenet secara penuh akan dilanjutkan di 13 kantor pelayanan di 2019.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan sejak Agustus 2018 seperti sosialisasi dan pelatihan instalasi kepada pegawai, pengguna jasa seperti perusahaan dan asosiasi, eksportir, importis, dan perusahaan pengurusan jasa kepabeanan, serta sosialisasi dan evalusasi implementasi PDE internet PIB dan PEB.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, dengan adanya penerapan PDE internet secara penuh, maka tata niaga yang lebih efektif, mudah, cepat mudah dan transparan akan terwujud. Dengan implementasi program ini, kemudahan berusaha di Indonesia pun dapat diwujudkan.