Terkena Skandal, Ketua Banggar DPR Apresiasi Penerimaan Pajak Tetap Terjaga

24 May 2023

Rabu, 24 Mei 2023

KONTAN.CO.ID –¬†¬†JAKARTA. Belum lama ini, masyarakat digemparkan dengan kasus pejabat pajak yang mencoreng nama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bahkan, kasus pejabat tersebut juga sempat menimbulkan ajakan boikot membayar pajak.

Namun Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Said Abdullah mengapresiasi kinerja pegawai pajak Kemenkeu yang telah menjaga pencapaian realisasi pajak yang masih positif.

“Di tengah berita miring terkait berbagai kasus pajak oleh oknum pegawai pajak, kita patut apresiasi para pegawai pajak tetap setia dan bekerja keras,” ujar Said dalam keterangan resminya, Rabu (24/5).

 

Selain itu, Said juga melihat tingkat kepatuhan wajib pajak terus membaik dan mengalami peningkatan.

Ini tercermin dari data Kemenkeu yang melaporkan bahwa jumlah wajib pajak yang telah melaporkan SPT Tahunan telah mencapai 13,49 juta.

“Kepatuhan wajib pajak terhadap kasus pajak yang mencuat tidak menggoyahkan mereka untuk tetap membayar pajak. Kita wajib bangga terhadap kepatuhan para wajib pajak,” katanya.

 

Oleh karena itu, tingkat kepatuhan wajib pajak yang meningkat tersebut serta tumbuhnya perekonomian nasional membuat penerimaan pajak hingga April 2023 mencapai Rp 688,15 triliun. Realisasi ini telah mencapai 40,05% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.