Penjelasan Pajak Global Minimum 15% yang Mengincar Google Cs

07 June 2021

TECH –¬†Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia

 

06 June 2021

Jakarta, CNBC Indonesia РMenteri Keuangan dari 7 negara dengan ekonomi terkuat di dunia atau G7 telah mencapai kesepakatan mengenai minimal tarif pajak perusahaan minimum global sebesar 15%.

Kesepakatan tersebut, nantinya bisa menjadi acuan penerapan pajak korporasi secara global. Kesepakatan itu bertujuan untuk mengakhiri apa yang disebut Menteri Keuangan AS, Janet Yellen sebagai ajang perlombaan antar negara untuk bersaing memikat perusahaan multinasional.

“Negara-negara ekonomi besar bertujuan untuk mencegah perusahaan multinasional mengalihkan keuntungan dan pendapatan pajak ke negara-negara dengan pajak rendah di mana pun penjualan mereka dilakukan,” mengutip laporan Reuters, dikutip Minggu (6/6/2021).

 

Dengan adanya kebijakan ini akan memungkinkan perusahaan untuk menghindari membayar pajak yang lebih tinggi di negara asal mereka.

Kesepakatan G7 menjadi bagian dari upaya yang lebih luas dan sudah ada. Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan telah mengoordinasikan negosiasi pajak di antara 140 negara selama bertahun-tahun tentang aturan untuk mengenakan pajak layanan digital lintas batas dan membatasi erosi basis pajak, termasuk pajak minimum perusahaan global.

Negara-negara OECD dan G20 bertujuan untuk mencapai konsensus tentang keduanya pada pertengahan tahun, tetapi pembicaraan tentang minimum perusahaan global secara teknis lebih sederhana dan tidak menimbulkan perdebatan.

“Jika konsensus tercapai, akan sangat sulit bagi negara dengan pajak rendah untuk mencoba dan memblokir kesepakatan” ungkap laporan tersebut.

Meski standar global diberlakukan, pemerintah masih dapat menetapkan tarif pajak perusahaan lokal apa pun yang mereka inginkan, tetapi jika perusahaan membayar tarif yang lebih rendah di negara tertentu, pemerintah asal mereka dapat menambah pajak mereka ke tarif minimum,.

Sebelumny, OECD mengatakan pemerintah secara luas menyetujui rancangan dasar pajak minimum tetapi bukan tarifnya. Pakar pajak mengatakan itu adalah masalah yang paling sulit, meskipun kesepakatan G7 menciptakan momentum yang kuat di sekitar level 15%.

Pertemuan G20 yang dijadwalkan di Venesia bulan depan akan melihat apakah kesepakatan G7 mendapat dukungan luas dari negara-negara berkembang dan berkembang terbesar di dunia.